img

BIBIR PECAH-PECAH? INI 5 SOLUSI MASALAH BIBIR KERING DAN PECAH-PECAH SECARA ALAMI

Bibir kering dan pecah-pecah memang merupakan suatu kondisi yang lazim terjadi pada siapa saja. Apalagi ketika musim kemarau tiba dan mengembuskan udara yang panas, tak ayal dapat membuat kondisi kulit lebih mudah kehilangan kelembapannya. Salah satu bagian tubuh yang terdampak adalah bibir. Cuaca yang panas kerap kali dapat mengakibatkan kondisi bibir kering dan pecah-pecah.

 

Pasalnya, bibir kering ini bukan hanya dapat mengurangi penampilan atau membuat tak nyaman, lapisan kulit di bibir yang terlalu kering ini dapat berujung pada bibir perih hingga terluka. Maka dari itu lah, kemunculan bibir kering dan pecah-pecah bukan merupakan berita baik bagi kebanyakan. Beberapa orang mungkin memiliki insting untuk menjilati bibir demi memberikan rasa kelembapan. Akan tetapi, cara itu justru akan membuat bibir lebih kering. Lalu, bagaimana cara yang tepat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah?

 

5 Bahan Alami Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Beberapa faktor yang kerap menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah adalah iritasi bahan kimia, paparan sinar matahari, serta kurangnya hidrasi. Lip balm memang dikenal dapat memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh bibir. Bagaimanapun, itu bukanlah satu-satunya cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Terlebih lip balm hanya memberikan manfaat yang bersifat sementara. Untungnya, alam juga menyediakan bahan-bahan alami untuk dapat mengatasi masalah bibir ini. Simak 5 bahan alami yang ampuh mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah berikut ini.

 

Madu

Madu tak perlu diragukan lagi memiliki segudang khasiat. Manfaatnya dapat dipakai mulai dari mengatasi masalah rambut hingga penyakit serius. Selain bersifat sebagai antibakteri, madu juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Hal itulah yang membuat madu dapat menjadi opsi yang baik untuk memberikan kelembapan pada bibir, sehingga bibir dapat terlihat lebih merona dan anti pecah-pecah. Hindarilah madu palsu karena mengandung banyak gula.

 

Lemon

Lemon merupakan sumber vitamin C yang tinggi. Pemilik rasa asam yang menyegarkan ini ternyata bias menjadi solusi bibi kering dan pecah-pecah. Lantaran kaya akan vitamin C, lemon dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Jadi bukan hanya dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, jus lemon juga dapat membuat bibir lebih cerah.

 

Kelopak Mawar

Bagi yang masih belum familiar, kelopak mawar memiliki kandungan vitamin E yang dapat memberikan nutrisi bagi kulit. Layaknya warna kelopak mawar, khasiat mawar juga dapat membuat warna bibir lebih sehat merona. Cara membuat campuran mawar untuk bibir pun sangat mudah. Cukup merendam tumbuhkan kelopak mawar dengan susu, lalu oleskan pada bibir selama kurang lebih 20 menit.

 

Lidah Buaya

Tumbuhan berbentuk unik menyerupai ekor buaya ini sudah lama dikenal sebagai solusi pemberi kelembapan, mulai dari memberi kelembapan pada rambut, wajah, hingga bibir. Kandungan alami pada lidah buaya dapat memberi kelembapan pada bibir serta mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga dapat membuat bibir lebih lembut. Anda dapat menggunakan jel lidah buaya secara berkala sebelum tidur agar mendapat hasil maksimal.

 

Mentega

Kandungan pada mentega yang diekstrak dari berbagai sumber ini menghasilkan asam lemak yang dapat membantu memberikan kelembapan bagi kulit. Selain mentega, yogurt, susu, dan buttermilk dapat menjadi alternative yang cocok untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Cara penggunaannya tentu mudah, cukup oleskan mentega pada bibir sebelum tidur dan biarkan hingga keesokan pagi.

 

Itu dia sederetan bahan alami yang dapat mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Karena bahan-bahan di atas alami, tentunya Anda tak perlu khawatir akan kandungan bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan bibir. Jadi, bahan alami mana yang akan Anda coba pertama untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah?

 

 

All Comments:

Your Comment: